Analisa Cemaran Logam Timbal (Pb) dan Cadmium (Cd)

Laboratorium Lingkungan sedang melakukan penelitian kolektif analisa cemaran logam Timbal (Pb) dan Cadmium (Cd) pada organ Hati, Ampela, dan Usus Ayam Pedaging sampel di pasar tradisional dan swalayan kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan oleh: Thamzil Las,Phd, Etyn Yunita, M. Si, Nita Rosita, S. Si. dan Maryoto.

Latar Belakang Penelitian:

Organ Hati, Empela dan Usus pada ayam merupakan organ yang paling sering dikonsumsi masyrakat selain daging dan telur. menurut Darmono (2001). akumulasi logam berat yang tertinggi biasanya dalam organ detoksikasi (hati) dan eksresi (ginjal). Berdasarkan hal ini maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah di dalam organ hati, empela dan usus ayam pedaging yang sering dikonsumsi masyarakat terdapat logam Pb dan Cd.

Tujuan Penelitian:

  1. Mengetahui kandungan cemaran atau residu logam berat pada organ hati, empela, dan usus ayam yang terjual di pasar tradisional maupun swalayan di Kota Tangerang Selatan.
  2. Mengetahui apakah residu logam berat pada organ hati, empela dan usus ayam yang terjual di pasar tradisional maupun swalayan di Kota Tangerang Selatan masih memenuhi batas maksimum cemaran logam berat Pb dan Cd yang direkomendasikan oleh Dirjen POM (1989), EPA (1985) atau SNI 7387:2009
  3. Monitoring terhadap tingkat keamanan pangan bagi masyarakat Kota Tangerang Selatan yang mengkonsumsi organ hati, empela dan usus ayam pedaging.

Manfaat Penelitian

  1. Informasi kepada masyarakat tentang ada tidaknya cemaran logam berat Pb da Cd pada hati, empela dan usus ayam pedaging.
  2. Tingkat keamanan bagi masyrakat dalam mengkonsumsi hati, empela dan usus ayam pedaging yang dijual di pasar tradisional maupun swalayan di Kota Tangerang Selatan
  3. Sebagai Informasi ilmiah bagi masrakat maupun pemerintah daerah mengenai besarnya kandungan residu bagi masyarakat maupun pemerintah daerah mengenai besarnya kandungan residu logam berat Pb dan Cd pada organ hati, empela dan usus ayam pedaging yang terjual di pasar-pasar tradisional dan swalayan di Kota Tangerang Selatan.

Konsultasi Jasa Layanan Analisa dan Informasi jelas dan detil dapat menghubungi Laboratorium Lingkungan Pusat Lab Terpadu UIN Jakarta

Jumat, 1 Juli 2011 | Myusuf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s